web stats Cara Memilih Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Wajah

Cara Memilih Sunscreen Terbaik Untuk Kulit Wajah


        Punya kulit belang? Simak tips cara memilih sunscreen dan pentingnya sun protection yang mengandung SPF untuk melindungi kulitmu.

        Ada saatnya di mana kulit tidak bisa lagi menahan pancaran dan paparan sinar UV sehingga merusak kulit itu sendiri. Radiasi sinar matahari dapat merusak kulit, mulai dari menyumbat pori – pori hingga dapat menyebabkan kanker kulit. Ciri kulit yang terbakar sinar matahari ditunjukan dengan warna kulit kemerahan hingga mengelupas. Untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sunscreen merupakan produk perawatan yang wajib digunakan untuk melindungi kulit kamu dan menghindari resiko sinat matahari.

        Namu, dalam memilih sunscreen tidak boleh sembarangan. Mengapa? Karena kulit wajah kamu tidak cocok dengan sunscreen yang ada. Maka dari itu kamu perlu menyesuaikan tabir surya sesuai jenis kulit atau tipe wajah kamu. Bingung cara memilih tabir surya yang tepat? Yuk intip tips sehat memilih sunscreen atau sunblock sebelum kamu membelinya!

Cara Memilih Sunscreen Yang Tepat Untuk Jenis Kulit Anda

        Umumnya, kulit wajah setiap orang terbagi menjadi dua jenis, diantaranya, jenis kulit kering dan jenis kulit berminyak, jadi cara memilih sunscreen yang tepat dapat dimulai dengan mengetahui jenis kulit wajah kamu. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya menggunakan jenis sunscreen berbahan krim. Sementara, untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya menggunakan jenis sunscreen berbahan lotion. Sementara untuk kulit normal dapat memilih produk berstruktur krim atau lotion, dan kulit sensitive sebaiknya menyesuaikan SPF dengan tingkat tertentu. Tentu saja, hal ini berguna untuk menghindari kulit menjadi lebih berminyak.

1. Kulit Berminyak dan Acne Prone Skin

        Untuk kulit kering disarankan untuk menggunakan tabir surya bertekstur krim, karena selain mengkat sinar matahari juga dapat berfungsi sebagai pelembap wajah. Untuk pemilik kulit berminyak, anda sebaiknya menghindari sunscreen semprot cair, karena biasanya mengandung alcohol yang dapat memperparah kondisi kulit kering anda.

2. Kulit Kering

        Selanjutnya untuk kulit berminyak dan jerawat atau acne prone skin, disarankan untuk menggunakan tabir surya bertekstur gel. Hal ini dikarenakan gel lebih cepat diserap kulit dibandingkan sunblock cream. Tabir surya cream sebaiknya dihindari, selain karena membuat kulit berminyak, juga dapat menyumbat pori-pori anda.

3. Kulit Sensitif

        Terakhir untuk kulit sensitif dapat menggunakan tabir surya bertekstur apa saja selama produk tabir surya tersebut tidak mengandung parfum atau alcohol yang dapat memicu kemerahan pada kulit sensitif.

Produk Tabir Surya Untuk Kulit Anda dari Kiehl’s

1. Super Fluid UV mineral defense

        Merupupakan sunblock paling bagus untuk kulit yang sensitive dan kulit berjerawat. Dengan berbahan dasar air, formula yang ringan cocok dipakai untuk aktivitas sehari – hari.


2. Ultra Light UV defense

        Untuk pemakaian sehari-hari yang selain melembapkan juga memerangi aging dan oil-free. Kandungan SPF 50+ + dalam produk sunscreen ini juga cocok untuk melindungi pemilik kulit sensitive.


3. Activated Sun Protector

        Untuk kamu sport person dalam memerangi radiasi sinar matahari plus tahan air. Sunscreen ini baik dipakai untuk kulit normal dan kering. Produk ini juga cocok untuk menjadi sunblock wajah pria dan dapat dipakai untuk tubuh loh…


Bagaimana Cara Menggunakan Tabir Surya Yang Tepat?

        Ada beberapa macam jenis tabir surya untuk wajah. Dari segi tekstur, sunscreen dapat dibagi kedalam beberapa bentuk, mulai dari cream, lotion, gel, hingga spray/semprotan. Maka dari itu aplikasi masing-masing sunblock jua berbeda. Berikut ini cara memakai sunblock dengan benar berdasarkan bentuk atau teksturnya:

1. Gunakan jenis sunscreen yang sesuai jenis kulit

        Penggunaan masing – masing jenis sunscreen berdasarkan teksturnya memiliki cara pengunaan yang berbeda loh. Setelah anda mengetahui jenis apa yang tepat untuk kulit wajah anda, simak cara menggunakan tabir surya berdasarkan teksturnya dibawah ini:

Cara menggunakan sunscreen lotion dan cream:

        Memakai jenis tabir surya yang satu ini harus hati-hati terutama untuk kulit berminyak. Kocok produk sunscreen anda terlebih dahulu sebelum digunakan agar semua kandungan sunblock tercampur. Aplikasinyan krim pelindung matahari pada wajah anda dengan merata. Sedikit lotion atau krim cukup untuk satu area wajah anda, jadi jangan terlalu banyak menggunakannya bila anda tidak ingin terlihat memiliki kulit berminyak.

Cara menggunakan sunscreen bentuk spray:

        Kocok terlebih dahulu produk sunblock spray anda untuk memastikan semua kandungan tercampur sempurna. Setelah itu semprotkan sunblock badan ke tangan anda secukupnya, kemudian tepuk-tepuk perlahan dan merata ke kulit wajah anda.

        Penggunaan sunscreen harus sesuai takaran dan tidak boleh berlebihan. Artinya, akan berfungsi dengan baik apabila digunakan secukupnya dan akan berdampak pada minyak yang berlebihan Ketika digunakan tidak sesuai takaran. Maka dari itu, gunakan sunscreen secukupnya, pick the right one, agar bebas dari jahatnya sengatan matahari! Pastikan kulit kamu telah bersih dengan mencuci muka terlebih dahulu sebelum memakai sunscreen

2. Tunggu! 30 Menit Setelah Menggunakan Sunscreen

        Setelah anda menaplikasikan tabir surya pada wajah, tunggu tiga puluh menit sebelum anda terkena sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan agar kandungan tabir surya yang anda pakai diserap sempurna oleh kulit anda, sehingga sunscreen yang anda pakai dapat bekerja lebih optimal untuk melindungi kulit wajah anda dari paparan sinar matahari.

3. Oleskan Merata Untuk Menghindari Kulit Belang

        Salah satu hal yang dapat menjadi keluhan terbesar setelah beraktivitas dibawah teriknya sinar matahari adalah kulit belang. Maka untuk menghindari kulit belang atau beda warna, aplikasikan produk sunblock anda juga pada leher dan tangan hingga kaki anda. Setiap area kulit yang terpapar sinar matahari memiliki peluang yang sama untuk terkena kanker kulit apabila anda tidak melindungi kulit anda dengan baik.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tabir Surya

        Selain cara memilih sunscreen dan cara menggunakan tabir surya yang tepat, apalagi yang perlu anda ketahui tentang produk yang satu ini? Ternyata, ada beberapa fakta yang jarang orang lain ketahui tentang sunblock, loh. Sebelum anda membeli sunscreen, ada baiknya anda mengetahui beberapa informasi tambahan berikut ini:

1. Tidak dapat melindungi sepanjang hari.

        Hal lain pertama yang perlu anda ketahui tentang tabir surya adalah bahwa sunscreen atau sunblock tidak akan mampu melindungi kulit wajah anda sepanjang hari. Sehingga, anda butuh mengaplikasikan produk sunblock anda setiap 2 jam sekali selama anda beraktivitas dibawah teriknya sinar matahari.

2. Waktu yang tepat untuk digunakan

        Penggunaakn sunscreen juga lebih efektif ketika anda menggunakannya setelah berenang, setelah berkeringat, dan setelah menggunakan handuk, agar produk yang anda telah pakai tidak hilang atau luntur.

3.  Cara Kerja Sunscreen yang Efektif

        Dari 100% kandungan sunscreen, ternyata tidak seluruhnya diserap oleh kulit anda. Mengapa? Kulit tidak menyerap kandungan sunscreen seluruhnya dikarenakan orang cenderung langsung beraktivitas tanpa menunggu kulit menyerap kandungan produk terlebih dahulu. Tunggu 30 menit setelah pemakaian adalah cara yang tepat dan terbaik dalam menggunakan sunscreen.

4. Kandungan Sunblock?

        Apa yang anda cari dari sunscreen? Fungsi melindungi kulit tentunya. Tetapi ternyata sinar matahari terdiri dari sinar UVA dan UVB. Kedua jenis sinar ini dapat merusak kulit hingga menyebabkan kanker kulit dikarenakan radiasi ultravioletnya. Selain itu sinar UVA UVB menyebabkan aging, atau penuaan pada kulit, sehingga kulit anda akan kering keriput dan timbulnya flek-flek hitam. Selain itu UVB juga menyebabkan kulit terbakar hingga mengelupas.

        Maka dari itu, memilih fungsi tabir surya yang tepat adalah dengan memperhatikan kandungannya. SPF merupakan standar untuk mengukur berapa lama sunblock anda dapat melindungi kulit anda dari sinar UVA UVB. Memilih SPF yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan jenis warna kulit. Tabir surya SPF 30 dan spf 50 untuk wajah merupakan jenis yang paling umum digunakan. Pastikan anda menggunakannya dengan benar.

        Penggunaan sunscreen harus menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Seperti, saat kamu berada di kondisi dalam ruangan atau indoor, pilihlah sunblock SPF 30 agar kulit tidak berminyak. Namun, untuk kamu yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau outdoor, sebaiknya kamu gunakan sunscreen dengan SPF 50 agar kulit terhindar dari pancaran sinar UV.

5. Kosmetik tabir surya

        Pernahkah anda melihat bahwa pada foundation dan BB Cream juga mengandung SPF? Ya, kini kosmetik atau makeup juga menambahkan SPF atau kandungan tabir surya didalamnya. Hal ini merupakan efek perlindungan tambahan untuk menangkal sinar matahari.

        Lalu bagaimana bila makeup anda tidak mengandung SPF? Tunggu 20 menit setelah anda menggunakan sunscreen apabila makeup anda tidak mengandung SPF. Jangan lupa untuk memeriksa kandungan dan komposisi bahan produk untuk menghindari alergi kulit akibat bahan yang tidak cocok.

6. Perlengkapan penangkal tabir surya

        Apa yang anda gunakan selain sunscreen untuk menangkal sinar ultraviolet? Topi, kacamata hitam, hingga selendang pantai merupakan peralatan perang untuk anda yang ingin ke pantai.

        Bagaimana dengan aktivitas sehari-hari? Gunakan baju berlengan panjang dan celana panjang untuk menutupi dan melindungi kulit anda sehingga tidak terpapar langsung oleh sinar UVA UVB. Topi juga bisa jadi alat tambahan ketika anda beraktivitas diluar.


Baca juga

Post a Comment