web stats 5 Cara Menilai Wanita yang Baik Menurut Islam, Bukan Sekedar Cantik Lho!

5 Cara Menilai Wanita yang Baik Menurut Islam, Bukan Sekedar Cantik Lho!


Setiap insan ditakdirkan untuk melakukan tugas dan kewajibannya masing-masing, begitu pun dalam ajaran agama islam. Seluruh umat muslim diharuskan untuk beribadah. Namun ada perbedaan khusus untuk seorang wanita muslim. Bahkan cara menilai wanita yang baik menurut islamberbeda dari agama lainnya.

Cara Menilai Wanita yang Baik Menurut Islam


Baik dan tidaknya seseorang memang ada ukurannya, menurut agama Islam seorang wanita dikatakan baik apabila memenuhi standar minimal berikut:  

1. Menggunakan Hijab

Cara menilai wanita yang baik menurut islam dapat dinilai dari tampilannya. Seorang mu'min, diharuskan dan ditakdirkan untuk memakai hijab atau penutup aurat, baik dirumah ataupun diluar rumah. Bahkan hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an yang menyebutkan:

"Katakanlah kepada wanita yang beriman. Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasaannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya". (QS. An-Nuur:31). Maka dari itu, kamu para wanita ada baiknya untuk mengenakan hijab.

2. Berbusana Menggunakan Pakaian Syar'i

Cara menilai wanita yang baik menurut islam selanjutnya masih dalam konteks tampilan atau pakaian yang dikenakan sehari-hari. Salah satu sifat wanita muslim terbaik ialah memakai busana syar'i. Hal ini bahkan disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an yang berbunyi:

"Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu, dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang yang jahiliyyah pertama"(QS. Al Ahzab:33). Arti dari ayat tersebut adalah, seluruh wanita muslim harus menutup pakaiannya dengan busana syar'i, tidak seperti seorang wanita di jaman jahiliyyah.

3. Memiliki Sifat Malu

Umumnya, seluruh wanita diwajibkan untuk memiliki sifat ini. Akan tetapi, dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, malah semakin banyak wanita yang mengumbar berbagai titik kemaluannya. Padahal, banyak ulama yang menghadistkan hal ini, seperti contoh:

"Rasa malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan"(Hadist riwayat Bukhari nomor 6117, dan muslim nomor 37 dari Imron bin Husnain".) Dengan begitu, kamu para wanita janganlah melakukan hal yang tak sepatutnya dilakukan. Hal tersebut dapat berakibat buruk untuk dirimu.

4. Taat Kepada Pasangan

Semua wanita yang sudah menikah, diharuskan untuk menaati semua perintah yang diperintahkan oleh sang suami. Hal ini termasuk cara menilai wanita yang baik menurut islam. Wanita yang selalu nurut, akan berdampak baik untuk kelangsungan hubungan dalam membina rumah tangga.

Pasalnya sudah banyak kasus tentang perceraian rumah tangga, akibat ulah dari sang wanita yang tidak menuruti dan menaati perintah dari sang suami. Ya, walaupun tak sedikit juga kasus perceraian akibat ulah yang ditimbulkan oleh sang suami itu sendiri.

5. Selalu Bersyukur Akan Pemberian Dari Suami

Tak semua orang ditakdirkan untuk kaya raya dan juga sebaliknya. Maksud dari asam garam kehidupan ditujukan untuk hal itu. Dengan bersyukur, mungkin menjadi hal yang paling nikmat. Konteks itupun, termasuk dari kelangsungan dalam menjalani bahtera rumah tangga.

Nikmat syukur, akan berapapun besar jumlah pemberian dari sang suami, harus ada dikalangan para istri atau ibu. Dengan begitu para suami akan senantiasa memberikan yang terbaik. Sebagian besar para pria mampu melihat sisi buruk dan baiknya seorang wanita dari hal ini.

Usai sudah informasi tentang cara menilai wanita yang baik menurut islam. Dengan adanya informasi diatas, semoga bisa dijadikan cerminan buat kamu para wanita. Terlebih lagi jika kamu ingin mempelajari berbagai sifaf-sifat diatas, pasti akan sangat baik untuk dirimu dan juga orang lain. Semoga informasi tersebut dapat menjadi muslimah yang terbaik.

Baca juga

Post a Comment